Penipuan Berkedok Lowongan Pekerjaan

086067000_1411240782-012617700_1411240733-Tipu-Lowongan-Kerja2

Ciri-ciri Iklan Lowongan Kerja Penipuan

Dijaman sekarang ini, memang memudahkan kita untuk menemukan lowongan pekerjaan melalui intenet, mulai dari perusahaan besar sampai dengan took-toko kecil yang membuka lowongan melalui internet. Namun dari sejumlah iklan lowongan tersebut ada lebih dari 50% merupakan lowongan fiktif (survey sendiri sih) entah itu perusahaannya yang fiktif atau iklan yang mengatas namakan perusahaan. Nah oleh sebab itulah gue mau ngeshare ni cara membedakan iklan yang real atau iklan yang penipuan.

Untuk iklan lowongan penipuan:

  1. Nama perusahaannya biasanya tidak ada hubungannya dengan jenis usahanya, contohnya usahanya bergerak dibidang pertambangan eh namanya jadi gini PT. Sukses Jaya Selalu (kan gak nyambung) yang kayak gini banyak loh, jagan salah.
  2. Biasanya gak ada situs perusahaannya, (yang ini relative ya, ada juga perusahaan yang real tapi belum memiliki situs sendiri atau sebaliknya, kita kembali lagi ke no 1 aja)
  3. No kontak yang bisa dihubungi (di Iklan) adalah no telp seluler bukan no kantor (untuk perusahaan besar)
  4. Perusahaannya membuka lowongan besar-besaran (banyak lowongan) dan sepanjang tahun ada terus, coba deh agan cari di google misal lowongan PT, YY agustus 2015, trus agan mundurin 3 bulan jadi Juni 2015, pasti ada juga.
  5. Kalau agan-agan meragukan perusahaan yang membuka lowongan, search aja alamat yang disediakan di google atau d google map, klo beneran ada dan nama tempat yang disebutkan di google map itu beneran, berarti itu perusahaan real.

Untuk agan-agan yang sudah ngelamar di perusahaan melalui iklan lowongan di internet yang menunggu panggilan berikut tips agar tidak ketipu:

  1. Biasanya perusahaan memberi kabar via telpon (bukan sms) jadi kalau agan2 sekalian disms bisa dipertanyakan tu perusahaannya, antara fiktif atau perusahaan abal-abal
  2. Kalau ditelpon, nada bicaranya agak santai tapi sedikit tegas, dan ngucapin salam terlebih dahulu, kalau agan2 di telpon terus nada suara yang nelpon tu rada2 kasar, ngomongnya acak adul, gak pake salam sudah dipastikan itu setan,
  3. Nah ini nih, misalnya agan disuruh ikut tes Interview atau sebagainya, terus diluar pulau misalnya, perusahaan yang nipu biasanya mengirimkan anda kue lapis email yang isinya panjang banget sampe beberapa lembar yang intinya cuman 1, disuruh booking travel yang tercantum di email tsb, misalnya travel suka suka dan menyebutkan akan menggati seluruh biaya yang kita keluarkan, nah ini jelas banget penipuan, boro2 diganti digantung iya ketemu pihak travelnya aja gak, perusahaan yang real biasanya mengirimkan anda tiket pesawat langsung via email, tanpa melalui pihak travel tertentu.
  4. Cek kembali deh situs dari perusahaan (kalau ada) jika memang perusahaan real, liat di tab career, kalau memang membutuhkan karyawan biasanya di posting kok.
  5. Jagan pernah malas mencari informasi sebanyak-banyaknya di om google, keywordnya sederhana kok contonya Penipuan PT. X, atau suka duka kerja di PT.M dll, intinya jagan malas cari info deh

Itulah tips ala kadarnya dari gue, semoga bermanfaat buat agan-agan semua, admin mendoakan semoga agan-agan semua diterima kerja di perusaahan yang bagus dan sesuai degan hati nurani agan sekalian deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s