Si ungu yang kaya manfaat


By: Christian

Si Ungu yang kaya manfaat

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ubi ungu. Salah satu jenis ubi jalar yang memiliki warna ungu pada kulit dan begitu juga pada bagian dalamnya. Ubi ungu sekarang ini mulai banyak dikonsumsi oleh yang peduli akan kesehatan mereka karena mempuanyai komposisi yang baik dan fungsi fisiologis tertentu bagi tubuh.

Meskipun makanan ini berasal dari pedesaan namun manfaat yang diberikan melebihi makanan modern. Salah satu kandungan zat gizi yang terkandung di dalam ubi ungu adalah senyawa antosianin yang totalnya dapat mencapai 519 mg/100 g berat basah. Antosianin merupakan pigmen warna ungu yang terdapat dalam ubi ungu. Keberadaan senyawa antosianin memiliki banyak fungsi yang baik bagi tubuh, salah satunya yaitu sebagai antioksidan. Senyawa ini dapat menyerap polusi udara, racun, menghambat proses oksidasi dalam tubuh, menghambat penggumpalan sel-sel darah, dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Antosianin dalam ubi jalar ungu juga memiliki fungsi fisiologis seperti antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Ubi jalar ungu dapat bersifat sebagai antikanker karena memiliki kandungan zat aktif yang dinamakan selenium dan iodin. Dalam ubi jalar ungu kandungan kedua senyawa tersebut 20 kali lebih tinggi daripada jenis ubi yang lainnya.

Ubi jalar ungu juga baik sebagai pendorong kelancaran peredaran darah didalam tubuh, ubi jalar ungu juga memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa varietas blueberry yang disebut-sebut sebagai buah yang memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang paling tinggi.

Selain itu ubi jalar ungu juga mengandung serat pangan yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan. Sebagai prebiotic yang merupakan makanan bagi bakteri baik yang ada didalam tubuh. Ubi jalar ungu juga mengandung kadar Glycemic  index yang rendah sehingga dapat dijadikan makanan alternatif bagi penderita diabetes.

Ubi jalar ungu juga merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi, sehingga walaupun dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dapat memberikan rasa kenyang. Ubi jalar ungu juga mengandung lisin, dan beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti tembaga (Cu), Magnesium (Mg), Kalium (K), dan Zink (Zn), zat besi (Fe), kalsium (Ca), dan fosfor (P)  dengan kandungan rata-rata sebesar 20%.

Ubi jalar ungu juga merupakan sumber beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin (vitamin B2). Ubi jalar ungu juga mengandung sedikit lemak, protein, dan serat kasar.

Ubi jalar ungu dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan dan minuman, selain direbus, ubi jalar ungu juga dapat dijadikan tepung dan kemudian diolah menjadi bermacam-macam produk olahan lain seperti biscuit, donat, mi, dan produk lainnya yang menggunakan tepung sebagai bahan dasarnya. Selain itu ubi jalar ungu juga dapat bermanfaat dalam pembuatan es krim ubi jalar ungu, dan jus ubi jalar ungu yang sangat baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s