Transkripsi dan Translasi


Transkripsi

Transkripsi (bahasa Inggris: transcription) dalam genetika adalah pembuatan RNA dengan menyalin sebagian berkas DNA. Transkripsi berlangsung di dalam inti sel atau di dalam matriks mitokondria dan plastida.

Tahapannya:

Pada awalnya, RNA polymerase akan mengenali transcription start site sebagai kode start terjadinya proses transkripsion. RNA polymerase akan membuka bagian bagian dari DNA yang terdapat transcription start site.

Kemudian secara perlahan ribonukleotida triphospat monomer datang menuju template strand sesaat setelah RNA polymerase menyusuri rantai DNA dari transcription start site.

 

Proses ini terjadi pada ujung 3’ ke 5’, sedangkan RNA transkrip dari ujung 5’ ke 3’.

Proses ini akan berlangsung sampai pada saat RNA polymerase sampai pada daerah transcription termination site. Namun daerah yang telah dilalui oleh RNA polymerase ini akan kembali menyatu seperti semula, setelah RNA tersintesis.

Setelah RNA polymerase menyentuh transcription termination site sebagai kode stop, maka RNA polymerase akan lepas meninggalkan rantai DNA.

 

 Hal ini terjadi secara terus menerus didalam sel.

Translasi

Translasi dalam genetika dan biologi molekular adalah proses penerjemahan urutan nukleotida yang ada pada molekul mrna menjadi rangkaian asam-asam amino yang menyusun suatu polipeptida atau protein.

Tahapannya:

Pada proses ini yang paling berperan adalah:

  1. Ribosoma (besar dan kecil)
  2. Mrna
  3. Trna
  4. Asam amino
  5. Kodon
  6. Antikodon

Pada awalnya, trna akan membawa antikodon beserta degan satu jenis asam amino. Trna akan mengenali kodon start (AUG) sebagai awal dari proses ini. Bersamaan dengan datangnya trna, datang pula ribosoma menempel pada mrna pada kodon start. Proses ini disebut sebagai inisiasi.

Trna akan membawa antikodon UAC. Kemudian datang lagi trna yang lain membawa antikodon dan satu jenis asam amino baru. Kemudian dengan bantuan ribosoma, asam amino awal dengan asam amino yang baru datang akan disambungkan. Hal ini disebut elongasi.

 

Hal ini terjadi sampai pada saat ribosoma akan menemukan kodon stop (UAG) pada mrna. Kemudian kumpulan dari asam amino tersebut akan dilepaskan. Hal ini disebut dengan terminasi.

 

Setelah proses tersebut terjadi, trna, relese factor dan ribosoma akan meninggalkan mrna.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s