Tugas Daskom


Resume Praktikum Dasar-dasar Komputer

1. Bahasa Komputer

Pada dasarnya bahasa yang digunakan dalam program computer tidaklah sama dengan bahasa sehari-hari yang digunakan oleh manusia. Bahasa computer tersebut ada 2 macam yaitu bahasa Biner dan bahasa Hexadesimal.

• Bahasa Biner

Adalah system penulisan dengan menggunakan 2 simbol, yaitu 1 dan 0. Untuk mengkonversikan system bilangan decimal yang digunakan oleh manusia kedalam bahasa biner, adalah dengan membagi 2 bilanagn decimal tersebut sampai kebentuk yang paling kecil. Contoh, untuk mengkonversikan bilangan decimal 25, kedalam bahasa biner sebagai berikut:

25 : 2 = 12 dengan sisa 1

12 : 2 = 6 dengan sisa 0

6 : 2 = 3 degan sisa 0

3 : 2 = 1 dengan sisa 1

1 : 2 = 0 dengan sisa 1

Jadi dalam bahasa decimal adalah 25 namun dalam bahasa biner dinyatakan sebagai 11001.

Sedangkan untuk mengubah dari bahasa biner kedalam bahasa decimal, bilangan biner tersebut dikalikan 2 dengan dan dipangkatkan dengan masing-masing sesuai urutannya (dimulai dari pangkat 0) kemudian hasilnya dijumlahkan: contoh

Pada bilangan biner 11001, maka bilangan desimalnya adalah:

1 X 20 = 1

0 X 21 = 0

0 X 22 = 0

1 X 23 = 8

1 X 24 = 16 +

25

Dalam bahasa biner adala 11001, namun dalam bahasa decimal adalah 25.

• Bahasa Hexadesimal

Adalah system penulisan dengan menggunakan 16 simbol. Symbol yang digunakan dalam system ini adalah 0 sampai dengan 9, ditambah dengan 6 simbol lainnya yaitu A sampai F.

Hexadesimal Desimal

0 0

1 1

2 2

3 3

4 4

5 5

6 6

7 7

8 8

9 9

A 10

B 11

C 12

D 13

E 14

F 15

System pengkonversiannya tidak jauh beda dengan system pengkonversian pada bahasa biner, namun karena bahasa ini adalah berbasis 16 maka untuk mengkonversikan bahasa deesimal kedalam bahasa biner harus dibagi dengan 16. Contoh pengkonversian dari bilangan decimal kedalam bentuk hexadecimal.

Dalam bilangan decimal 26 maka, dalam bilangan hexadecimal adalah:

26 : 16 = 1 sisa 10 (dalam hexadecimal A)

1 : 16 = 0 sisa 1 (dalam hexadecimal 1)

Maka 26 dalam hexadecimal adalah 1A.

Untuk mengubah 1A dari hexadecimal kedalam bentuk decimal sebagai berikut:

A (dalam decimal 10) X 160 = 10

1 X 161 = 16

Maka bilanagn decimal dari 1A adalah 10+16= 26

2. Foto/gambar

Dalam sebuah foto atau gambar terdapat banyak sekali pixel yang terdapat dalam foto tersebut. Pixel inilah yang menentukan tingkat kejelasan sebuah foto atau gambar. Satuan pixel dalam sebuah gambar atau foto yaitu ppi (pixel per inch) atau dpi (dot per inch). Pada sebuag foto yang ingin dilihat perbedaan kejelasan pixelnya dapat dilakukan yaitu dengan cara menscan foto atau gambar tersebut dengan jumlah pixel yang disesuaikan, misalnya saja 75 dpi dan 300 dpi. Akan terlihat perbedaanya, dimana foto dengan resulusi 300 dpi lebih jelas terlihat ditai warnanya daripada yang hanya 75 dpi. Hal ini menunjukan bahwa semakin banyak pixel dalam suatu foto atau gambar maka semakin bagus pula kualitas foto atau gambar tersebut.

3. Mengupload sesuatu kedalam sebuah situs inaternet

Banyak alamat – alamat website yang menyediakan fasilitas mengupload sebuah file, diantaranya yaitu ziddu.com. Caranya yaitu masukkan keyword di google.com dengan ziddu upload, maka akan ditampilkan paling atas dari hasil pencarian tersebut lalu diklik, setelah masuk pada alamatnya, klik browse, sekarang anda memilih file apa yang hendak anda upload. Jika suadah klik upload. Tinggal menunggu proses penguploadtannya selesai. Setelah selesai akan diperlihatkan link untuk mendownlod dan link untuk menghapusnya.

4. Mengubah format dokumen menjadi .pdf

Untuk menggubah sebuah dokumen menjadi format .pdf dapat menggunakan berbagai aplikasi, diantaranya yaitu dopdf-7, dan banyak lagi aplikasi untuk mengubah word ke pdf, atau bisa juga menggunakan aplikasi bawaan dari microsoft sendiri.

5. Menambahkan link download kedalam sebuah postinggan di sebuah blog

Pernah melihat kalimat “untuk mendownload gambar klik disini”? Andapun dapat melakukannya, yaitu dengan cara: bukalah blog anda terlebih dahulu. Tambahkan tab baru dalam aplikasi internet media anda, masuk kedalam ziddu upload. (selanjautnya caranya sama seperti materi no.3 “mengupload sesuatu kedalam sebuah situs internet”). Setelah selsai mengupload filenya, anda hanya mengcopy link downloadnya, kemuadian masuk lagi ke blog anda. Buat sebuah postingan apasaja yang berkaitan dengan apa yang anda upload tadi. Misalnya tadi anda mengupload contoh laporan praktikum biologi, maka, dalam postingan anda hanya perlu menuliskan “untuk melihat file silahkan klik disini”. Kemuadian block tulisan “disini”, pilih menu html pada media postingan blog anda, pilih link maka akan muncul tempat manaruh link, paste alamat link yang anda copy dari ziddu tadi, klik tambahkan link, setelah selesai maka anda hanya perlu menerbitkan (publish) postingan anda tersebut. Maka tulisan disini akan terlihat berbeda dari tulisan yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s